Posted by: HAMDA | May 2, 2010

Pengantar MS4W(Mapserver For Windows),chameleon, dan PostgreSQL


Pendahuluan

Sistem teknologi informasi saat ini telah berkembang pesat.Saat ini layanan-layanan berupa website berbasis bahasa program php telah memberikan informasi kepada penggunanya secara detail. Untuk memberikan layanan informasis tersebut secara lengkap dari segi lokasi tempat dapat digunakan teknologi GIS.

Ada beberapa teknologi yang dapat digunakan untuk membangun sistem WebGIS. Salah satu yang dikenal adalah MapServer, yang menggunakan konsep Open Source. Sedangkan teknologi Database Spatial untuk sistem databasenya, PostgreSQL merupakan pilihan database Open Source yang paling populer, dengan fitur ekstensi spatial yang bernama POSTGIS. Untuk membuat database spasial kita menggunakan software MapInfo.

1. MS4W(Mapserver For Windows)

MS4W (MapServer For Windows) adalah bundle instalasi MapServer untuk platform Windows. Dimana MapServer ( http://mapserver.gis.umn.edu ) merupakan aplikasi freeware dan Open Source untuk dapat menampilkan Sistem Informasi Geografis di web.

MS4W dilengkapi dengan berbagai modul tambahan (optional) yang mempermudah kita membangun dan mengadministrasi sistem WebGIS. Antara lain : MapLab, KaMap, Chameleon, dan lain-lain. MapLab digunakan untuk mempermudah kita membuat file konfigurasi MapServer ( *.map ) pada aplikasi WebGIS yang kita kembangkan. Sedang Chameleon adalah framework yang menyediakan berbagai class dan method yang mempermudah kita membangun interface aplikasi WebGIS yang kita kembangkan, seperti menambahkan fitur zoom, pan, dsb. Informasi mengenai MS4W, MapLab dan Chameleon dapat diperoleh di situs http://www.maptools.org

>>> Instalasi MS4W

Setelah berhasil mendownload ms4w_1.5.3.zip, selanjutnya extract isinya kedalam root dari partisi harddisk ( misal C:/ ), sehingga seluruh isi paket MS4W terletak di C:/ms4w . Kemudian eksekusi apache-install.bat untuk menginstal service Apache. Apabila service sudah berjalan, maka akan terlihat process httpd.exe pada jendela Task Manager Windows. Cek dengan membuka http://localhost pada web browser , maka akan tampil halaman pembuka dari MS4W.

>>> Instalasi chameleon

Chameleon adalah framework yang menyediakan berbagai class dan method yang mempermudah kita membangun interface aplikasi WebGIS yang kita kembangkan, seperti menambahkan fitur zoom, pan, dan sebagainya.

Paket Chameleon untuk MS4W dapat didownload pada website http://www.maptools.org. Kemudian hasil download (chameleon_ms4w-2.4-20060427.zip) di-unextract pada drive C: . Restart Apache, dan diperhatikan apakah pada http://localhost telah terlihat link url Chameleon 2.4. Jika benar, maka instalasi MapLab dan Chameleon pada MS4W telah berhasil.

2. PostgreSQL

PostgreSQL adalah database Open Source yang cukup populer, karena ketangguhan dan kemampuannya dalam mengelola data. PostgreSQL mempunyai ekstensi PostGIS, yang menawarkan kemampuan untuk mengelola data spatial untuk aplikasi Sistem Informasi Geografis. Informasi mengenai PostgreSQL dapat diperoleh pada situs http://www.postgresql.org . Sedang informasi untuk PostGIS dapat diperoleh dari situs http://postgis.refraction.net .

Postgres memiliki dua kekuatan besar: source code dan arsitektur yang luwes, tentunya di samping feature penting lainnya seperti dokumentasi yang lengkap, dsb. Disamping itu Postgres juga didukung oleh banyak antarmuka ke berbagai bahasa pemrograman seperti C++, Java, Perl, PHP, Python, dan Tcl. ODBC dan JDBC juga tersedia yang membuat Postgres lebih terbuka dan dapat diterapkan secara meluas.

>>> Instalasi Program PostgreSQL

Ada berbagai cara untuk membangun database PostgreSQL yang mendukung data spasial (postgis). Akan tetapi cara mudahnya adalah menggunakan postgresql-8.1.msi (installer windows dengan fitur PostgreSQL lengkap, termasuk PostGIS) yang dapat di download di situsnya : http://www.postgresql.org. Untuk informasi lebih lengkap, termasuk download dokumentasi/manual PostGIS download di http://www.postgis.org. Setelah berhasil mendownload maka PostgreSQL dapat diinstall dengan menjalankan postgresql-8.1.msi.


Responses

  1. kalau tentang pmapper gmn mas cara instalnya??cari2 kq sulit trs bingung jg.
    kalau bisa di posting dunk tentang pmapper tapi yang jelas gitu and tidak membingungkan.thax tak tggu postingannya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: