Posted by: HAMDA | September 1, 2013

Studi S2/S3 di King Fahd University of Petroleum and Minerals


King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM; http://www.kfupm.edu.sa/) didirikan pada tahun 1963 berlokasi di Dhahran [1], Arab Saudi bersisian dengan kantor pusat Saudi Aramco (perusahaan minyak terbesar dunia). Universitas ini hanya menerima mahasiswa laki-laki.  KFUPM kini memiliki program S2/S3 terdiri atas program Doktoral (Ph.D.), program Master of Science (M.S.) dan beberapa program pascasarjana lainnya (MBA dan M.Eng.). Daftar program S2/S3 di KFUPM dapat dilihat di lampiran dokumen ini;  deskripsi program dapat dilihat dalam KFUPM Graduate Bulletin yang tersedia di:

http://www2.kfupm.edu.sa/gs/files/current/Grad_Bulletin_09-11.pdf

Bahasa pengantar yang digunakan di KFUPM adalah Bahasa Inggris sehingga mahasiswa tidak perlu memiliki kemampuan Bahasa Arab. Civitas akademika berasal dari pelbagai negara dan banyak aktivitas seperti seminar, workshop atau short course diselenggarakan dengan pemberi materi dari beragam institusi.

Kegiatan perkuliahan S2/S3 umumnya dimulai pada pukul 5 sore dengan hari kerja Sabtu hingga Rabu.  Biasanya tiap sesi kelas berdurasi 75 menit.  Spring semester adalah Februari hingga Juni sedangkan Fall semester adalah September hingga Januari.  Dalam Summer semester (Juli-Agustus; semacam semester pendek di Indonesia) jarang ditawarkan mata kuliah S2/S3.  Kebanyakan warga kampus kembali ke negara masing-masing untuk liburan musim panas.  Di bulan Ramadhan ada libur sekitar dua pekan yang dimulai kira-kira 10 hari terakhir Ramadhan; juga libur sekitar dua pekan di bulan Dzulhijjah (musim haji).

Untuk mendukung kegiatan akademik Perpustakaan KFUPM memiliki koleksi lebih dari satu juta volume buku dan melanggan lebih dari 8.500 publikasi periodikal [2].  Banyak dari langganan itu dapat diakses secara elektronis dari komputer mana pun di dalam jaringan KFUPM, termasuk dari asrama mahasiswa.  Jika ada buku yang dibutuhkan belum tersedia maka dapat dilakukan pengajuan pembelian buku.

Salah satu jalur penerimaan mahasiswa di KFUPM adalah melalui Assistantship/Lecturership yakni ketika kita melamar studi, kita juga dapat melamar menjadi Research Assistant/RA (untuk melamar S2) atau Lecturer-B (untuk melamar S3).  RA/Lecturer-B adalah staf universitas dan memiliki kewajiban untuk membantu operasional departemen atau universitas. Beberapa contoh penugasan yang lazim diberikan adalah mengajar praktikum atau kelas S1, mengawasi ujian, tugas administrasi dan semacamnya. Jadi ada semacam kontrak kerja antara mahasiswa dan KFUPM; kontrak ini perlu ditanda tangani sebelum berangkat. Hampir semua mahasiswa S2/S3 (non-part time) dari luar Arab Saudi memiliki status ini.

Penerimaan mahasiswa baru dilakukan dua kali setahun yakni pada Spring Semester (Februari) dan Fall Semester (September). Lamaran dapat dikirimkan dua kali dalam setahun dengan periode yang telah ditetapkan oleh graduate studies sehingga pelamar harus mengecek periode ini.  Pengiriman lamaran sudah bisa dilakukan secara online [3].

Posisi RA atau Lecturer-B memperoleh beberapa fasilitas, di antaranya:

–                      tiket keberangkatan pertama dan kepulangan terakhir

–                      bebas biaya studi/buku teks

–                      gaji bulanan (SAR 1800 untuk RA; SAR 4025 untuk Lecturer-B)

–                      paid leave (cuti dengan tanggungan) selama 30 hari per tahun

–                      tempat tinggal di asrama (satu kamar berdua)

  • Lecturer-B dapat memperoleh tunjangan rumah SAR 10500 per tahun jika telah membawa keluarga dan tinggal di luar kampus. Akan tetapi sekarang alhamdulillah sudah disediakan housing  untuk lecturer-B didalam kampus yang hanya berjarak 5 menit (jalan kaki) dari kampus. Akan tetapi housing ini hanya didapatkan jika lecturer-B telah lulus ujian komprehensif dan telah memasukkan proposal penelitiannya ke deanship of graduate studies.

–                      layanan medis gratis di Medical Centre kampus dan subsidi 50% untuk obat-obatan

–                      subsidi di student restaurant

RA/Lecturer-B juga dapat ikut serta dalam funded project dan memperoleh tambahan sekitar SAR 600. Untuk funded project yang berasal dari Research Institute KFUPM atau instansi di luar KFUPM seperti ARAMCO atau KACST bisa mencapai sekitar SAR 1.000-2500 per bulan. Sebagai bagian dari keikutsertaan dalam funded project, RA/Lecturer-B juga berkesempatan untuk publikasi di jurnal atau seminar baik regional atau pun internasional. Di antara institusi yang memiliki kerja sama penelitian dengan KFUPM adalah Saudi Aramco, SABIC (perusahaan publik terbesar di Arab Saudi), Saudi Telecom Company, dan King Abdul Aziz City for Science and Technology.

Publikasi juga sangat didukung misalnya melalui bantuan finansial untuk mengikuti konferensi. Dalam rentang tahun 2000-2010 KFUPM tercatat memiliki 1039 publikasi di jurnal-jurnal yang diindeks ISI [4] dengan peringkat 168 dari 1095 institusi berdasarkan jumlah paper dalam bidang engineering. Sebagai perbandingan, dalam rentang waktu yang sama Universiti Malaya dan Strathclyde university [5] masing-masing memiliki 248 dan 1029 publikasi. Sedangkan universitas di Indonesia tidak ada yang mencapai 1.000 publikasi. Selain itu seluruh departemen di KFUPM telah terakreditasi oleh ABET (suatu lembaga non-profit di amerika, yang dikenal memberikan akreditasi untuk institusi-institusi pendidikan dalam bidang sains dan teknologi). Pada tahun 2010 KFUPM dalam daftar peringkat yang dikeluarkan oleh THE-QS (Times Higher Education – QS) menempati urutan 255 (pada tahun 2009 peringkat 266).

Informasi mengenai syarat-syarat pendaftaran dan lainnya dapat dilihat di:

http://www.kfupm.edu.sa/gs/

Secara umum syarat-syaratnya adalah:

–                      memenuhi persyaratan Deanship of Graduate Studies (lihat http://www2.kfupm.edu.sa/gs/Requirements.asp) yakni:

o   telah lulus S1 (program 4 tahun) untuk S2 atau telah lulus S2 untuk S3

o   Kebanyakan program menuntut pelamar memiliki pendidikan S1/S2 yang sesuai. Pelamar dari bidang yang sama pun dapat saja diharuskan mengambil deficiency courses karena perbedaan kurikulum atau nilai mata kuliah tertentu yang kurang memuaskan.

o   Program MBA menerima pelamar dengan S1 semua bidang namun ada set deficiency courses yang harus diambil sebelum boleh mengambil mata kuliah MBA. Lihat: http://www.kfupm.edu.sa/cim/mba/ov.html

o   IPK >= 3.00 (kecuali untuk MBA >= 2.50) untuk S2 atau >= 3.20 untuk S3

o   International TOEFL[6],[7] atau IELTS (Institutional TOEFL, TOEFL Prediction atau semacamnya TIDAK DITERIMA). Lihat http://www.ets.org/toefl untuk informasi detail TOEFL. IELTS dapat juga digunakan sebagai ganti dari TOEFL

§  68 iBT/190 CBT/520 PBT atau 5.5 IELTS untuk S2

§  79 iBT/213 CBT/550 PBT atau 6.5 IELTS untuk S3

o   Nilai GRE General Test untuk program sains dan teknik atau GMAT untuk program MBA yang memadai (numerical > 700 ).  Beberapa program mungkin juga meminta GRE Subject Test. Lihat http://www.ets.org/gre untuk informasi detail mengenai GRE.

o   Surat rekomendasi dari TIGA dosen yang mengenal kemampuan akademis pelamar (format ada dalam formulir lamaran). Dosen diharuskan untuk secara langsung mengirim atau mengisi formulir secara online melalui link yang akan dikirim oleh graduate studies langsung ke email perekomendasi. Rekomendasi bersifat confidential sehingga pelamar sama sekali tidak tahu menahu tentang isi rekomendasi.

–                      Pendaftaran dilakukan secara online melalui http://www2.kfupm.edu.sa/gs/. Saat mendaftar pelamar hanya diharuskan meng-upload rekomendasi, ijazah dan transkrip, serta statement of purpose. TOEFL dan GRE diminta setelah pelamar dinyatakan diterima.

–                      Pelamar diminta untuk terus memantau kemajuan status lamaran; sering kali terjadi pelamar lalai dari hal ini sehingga menyebabkan pembatalan status.

Hasil TOEFL dan GRE akan dikirimkan langsung oleh ETS ke KFUPM jika ketika tes KFUPM disertakan dalam daftar institusi penerima hasil tes (kode 0868). Jika telah mengikuti tes dan salinan pribadi fotokopinya dapat disertakan dalam lamaran sebagai bukti bahwa kita telah mengikuti tes namun tetap diperlukan bukti aslinya.

Setelah semua berkas dikirim dan diterima oleh KFUPM, pelamar akan dikirimi surat keterangan bahwa berkas telah diterima. Jika ada yang kurang akan diingatkan dalam surat itu. Dalam surat itu juga tercantum reference number yang dapat digunakan pada Admission Tracking System:

http://www.kfupm.edu.sa/gs/

Berikut alamat korespondensi dengan Deanship of Graduate Studies:

DEANSHIP OF GRADUATE STUDIES

KING FAHD UNIVERSITY OF PETROLEUM & MINERALS

KFUPM BOX 5055

DHAHRAN 31261

SAUDI ARABIA

Tel: 966-3-860-2800

Fax: 966-3-860-2829

E-mail: d-cgs@kfupm.edu.sa

Informasi yang lebih detail dapat diperoleh melalui departemen program masing-masing. Juga silakan menghubungi (khusus untuk teknik kimia):

  • Farid Fadhillah <farid.fadh {at} gmail {dot} com> atau <faridfad {at} kfupm {dot} edu {dot} sa>, mahasiswa Ph.D program in Chemical Engineering

 

Catatan:

[1] Peta kampus KFUPM dapat dilihat di http://wikimapia.org/#y=26306227&x=50144005&z=16&l=0&m=a

[2] Lihat http://www.kfupm.edu.sa/library/current/list.asp

[3] http://www.kfupm.edu.sa/gs/

[4] Dalam Science Citation Index Expanded (SCI-EXPANDED)

[5] Masing-masing memperoleh peringkat 207 dan 265 dalam THES – QS World University Rankings 2010. Lihat http://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2010/results/201-300

[6] Sebelumnya saya sebutkan bahwa ” International TOEFL dan GRE dapat ditunda jika prestasi akademik istimewa” namun kebijakan ini khusus hanya untuk negara tertentu seperti Palestina atau Syria karena sulitnya pelaksanaan tes di negara asal mereka. Juga perlu diperhatikan bahwa kemampuan Bahasa Inggris sangat penting untuk kelancaran studi.

[7] Di  Indonesia, International TOEFL dan GRE diselenggarakan di:

The Indonesian International Education Foundation ( IIEF)

Menara Imperium Lt. 28 Suite B

Jl. HR. Rasuna Said, Jakarta 12980

http://www.iief.or.id/

 

Lampiran. Daftar program S2/S3 di KFUPM

A.   COLLEGE OF COMPUTER SCIENCES & ENGINEERING

1.   Computer Engineering

  • M.S. Program in Computer Engineering

2.   Information & Computer Science

  • M.S. Program in Computer Science
  • M.S. Program in Computer Networks (joint program of COE and ICS)
  • Ph.D. Program in Computer Science and Engineering (joint program of COE and ICS)

3.   Systems Engineering

  • M.S. Program in Systems Engineering
  • Ph.D. Program in Systems Engineering

B.   COLLEGE OF ENGINEERING SCIENCES

1.   Chemical Engineering

  • M.S. Program in Chemical Engineering
  • Ph.D. Program in Chemical Engineering

2.   Civil Engineering

  • M.S. Program in Civil Engineering
  • Ph.D. Program in Civil Engineering

3.   Electrical Engineering

  • M.S. Program in Electrical Engineering
  • M.S. Program in Telecommunication Engineering
  • Ph.D. Program in Electrical Engineering

4.   Mechanical Engineering

  • M.S. Program in Mechanical Engineering
  • Ph.D. Program in Mechanical Engineering

5.   Petroleum Engineering

  • M.S. Program in Petroleum Engineering
  • Ph.D. Program in Petroleum Engineering

C.   COLLEGE OF ENVIRONMENTAL DESIGN

1.   Architectural Engineering

  • M.S. Program in Architectural Engineering
  • Master of Engineering Program in Architectural Engineering

2.   City & Regional Planning

  • Master Degree of City & Regional Planning

3.   Construction Engineering & Management

  • M.S. Program in Construction Engineering & Management
  • Master of Engineering Program in Construction Engineering & Management

D.   COLLEGE OF INDUSTRIAL MANAGEMENT

  • Master of Business Administration

E.   COLLEGE OF SCIENCES

1.   Chemistry

  • M.S. Program in Chemistry
  • Ph.D. Program in Chemistry

2.   Earth Sciences

  • M.S. Program in Geology
  • M.S. Program in Geophysics
  • Master of Geology Program (Professional)
  • Master of Geophysics Program (Professional)
  • Master Program in Environmental Sciences

3.   Mathematical Sciences

  • M.S. Program in Mathematical Sciences
  • Ph.D. Program in Mathematical Sciences

4.   Physics

  • M.S. Program in Physics
  • Master Program in Medical Physics

[1]Disusun oleh Ahmad Ridha dan Farid Fadhillah (last update: 4 Januari 2011)

Sumber : https://www.facebook.com/groups/kfupm.indo/doc/136705663053338/


Responses

  1. Untuk mendaftar beasiswa S2, apakah harus selalu menjadi RA, bisakah melamar via Full Time Master? Bedanya apa ya? Terima kasih

    • tidak mesti RA. Kelebihan RA adalah allowancenya lebih besar SAR1725, bisa joint dg project dosen dengan salary bervariasi, tapi ada tugas tambahan dari kampus atau department, tiket yang diberikan kampus hanya untuk kedatangan pertama dan kepulangan terakhir. Kalau full time (FT) allowance SAR 890, bisa part time job (biasanya bulanannya sekitar 900an SAR, peluang joint project dosen, ada tiket PP tahunan, tidak ada tugas tambahan (hanya kuliah saja)

  2. Assalamualaikum mas.
    Saya ingin bertanya mas, saat ini saya masih dalam proses kuliah akan masuk ke semester 7, dan insyaAllah akan lulus Juli 2016 mendatang. Apakah bisa saya mendaftar program beasiswa ini sebelum saya lulus? Terimakasih🙂

    • Waalaikumussalam

      Mahasiswa yang sudah menyelesaikan perkuliahannya dan belum sidang skripsi atau tugas akhir bisa mendaftar di KFUPM. Tapi dari pengalaman saya saat daftar PhD di KFUPM, saat itu ada nilai mata kuliah saya yang belum masuk tapi kampus masih mau menerima. Coba saja daftar, Semoga Allah beri yang terbaik


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: